Bagi kamu yang belum tahu PlayStation Plus adalah layanan dari Sony PlayStation dimana kamu dapat membayar $50 selama setahun untuk mendapatkan game gratis dan fitur lainnya dari Sony untuk PlayStation kamu. Lima puluh dolar setahun berarti sekitar Rp. 48.000 sebulan atau Rp. 1.600 sehari. Dan untuk Rp. 1.600 sehari inilah 7 alasan mengapa kamu harus berlangganan PS Plus:

1. Instant Game Collection

Instant Game Collection | Screenshot

Begitu berlangganan PlayStation Plus kamu akan disambut dengan beberapagame yang dapat kamu download dan mainkan secara langsung sepertiXCOM Enemy Unknown, Binary Domain, Uncharted 3, Borderlands 2, Okami HD, Bioshock, Little Bit Planet Karting & banyak lagi.

Untuk PlayStation 3 kamu akan mendapat setidaknya 12 game, untuk PS Vita kamu akan mendapat sekitar 6 game dan untuk PS 4 kamu akan mendapat 2game. Semua dengan 1 harga, jadi semakin banyak console Sony yang kamu punya maka akan semakin untung.

2. Game Baru Setiap Bulan

Sebelum kamu bisa menyelesaikan semua game gratis yang tersedia secara instan, kamu akan disibukkan dengan lebih 5 game baru setiap bulannya. Sebagai contoh di bulan Februari ini, PS4 menerima game Outlast, PS3 menerima PayDay 2, Remember Me & Metro Last Light, sedangkan PS Vita menerima Street Fighter X Tekken serta Smart Ass. Jika dijumlahkan secara harga maka dalam 1 bulan kamu akan menerima game senilai lebih dari 2 juta rupiah dengan hanya membayar Rp. 480.000!

3. Auto Update

Automatic Update | Screenshot

Walaupun fitur ini terdengar sepele, tapi secara pribadi ini adalah fitur yang sangat berguna. Kamu bisa set PlayStation kamu untuk melakukan updatepada jam tertentu (misalnya jam 2-4 pagi) dan secara otomatis PS3 akan nyala dan mengunduh update yang dibutuhkan, baik itu firmwareataupun update game. Sebelum ini saya sering sekali bersiap-siap untuk main, menyediakan ice tea, snack dan… bammmm!… tiba-tiba game meminta update 2GB. Tapi sekarang tidak lagi, terima kasih kepada PS+.

4. Diskon Eksklusif

Sony memang sering menggelar diskon dari waktu ke waktu, namun bagi kamu yang berlangganan PlayStation Plus akan ada diskon khusus yang lebih mantap lagi. Program diskon ini akan digelar secara teratur setidaknya satu kali dalam sebulan. Sebagai contoh Tales Of Xillia diskon menjadi hanya $10 saja dan Diablo 3 diskon dari $60 menjadi $40 untuk pengguna biasa, sedangkan pelanggan PlayStation plus mendapat diskon tambahan sebesar $5 menjadi $35.

Empat alasan di atas sebenarnya sudah cukup sebanding dengan $50 yang akan kamu habiskan, tapi just in case kamu masih membutuhkan motivasi lain, maka saya juga sudah menyiapkan 3 alasan tambahan:

5. Online Save

Bayangkan ini, kamu menghabiskan puluhan jam untuk grinding game tapi kebesokan hari PlayStation 3 kamu menolak untuk nyala dan hard disk kamu error. Mungkin mengganti hard disk pada PS3 tidak terlalu mahal namun bagaimana dengan puluhan atau ratusan jam yang telah kamu habiskan?Well, say hello kepada Online Save kalau begitu, save game kamu akan otomatis di upload ke server sehingga bisa kamu tarik kembali just in casePS3 kamu rusak. (juga berfungsi untuk PS4 dan PS Vita)

6. Full Game Trial

Fitur ini sebenarnya akan jarang digunakan karena kamu harus mengunduhgame dengan ukuran penuh. Namun begitu dibutuhkan maka kamu akan bersyukur memiliki PlayStation Plus. Dengan fitur ini kamu bisa mencoba sebuah game secara penuh selama 1 jam. Keuntungannya adalah kamu bebas menjajal semua fitur yang ada dan ada lebih banyak judul game menarik (AAA) dalam kategori Full Game Trial dibanding dengan kategori Demo.

7. Online Multiplayer

Ini hanya berlaku bagi PS4, namun jika kamu berencana untuk bermaingame PlayStation 4 secara online (baca: COD Ghost, Diablo 3, Final Fantasy XIV) maka mau tidak mau kamu harus berlangganan PlayStation Plus karena fitur multiplayer ini akan dikunci jika kamu tidak berlangganan. Untungnya adalah PS3 dan PS Vita bebas menggunakan multiplayer tanpa PlayStation Plus.


So there you go guys/gals, 7 alasan mengapa PlayStation Plus adalah sesuatu yang kamu harus punya. Jika 7 alasan di atas tidak dapat membuat kamu tergoda untuk berlangganan maka rasanya ada yang salah dengan kamu, bercanda, tapi seriously guys/gals PlayStation Plus itu sangat murah meriah dan totally worth the money!

Nah jika kamu memutuskan untuk berlangganan PlayStation Plus maka ada dua hal yang perlu kamu perhatikan. Yang pertama adalah PlayStation Plus Asia dan PlayStation Plus America/Eropa mempunyai game gratisan perbulan yang berbeda. Jadi kamu harus melihat dulu mana game yang kamu suka sebelum memutuskan untuk berlangganan atau kamu dapat berlangganan keduanya (PS+ Asia dan US).

Yang kedua adalah untuk berlangganan PlayStation Plus kamu dapat menambah fund di wallet kamu dan lalu berlangganan atau langsung membeli voucher PS+, keduanya tidak berbeda. Untuk top up wallet dan membeli voucher PS+ kamu dapat membelinya lewat Play-Asia atau Digicodes