Indonesia English
Keranjang : 0 item(s)

Apakah Aman, Charging DualShock 4 (DS4) Menggunakan Charger Handphone?

27 May 2022


Controller DualShock 4 atau lebih dikenal dengan singkatan DS4 merupakan Controller yang kita gunakan dalam bermain PS4, namun kendala dari DS4 ini adalah ketahanan batre yang terbilang cukup lemah dibanding DS3 milik PS3. Banyaknya fitur dan sensor pada DS4 membuat penggunaan baterai yang cukup boros sehingga kita akan semakin sering dalam mengecas DS4 kita, sangat menyebalkan rasanya jika saat sedang asik bermain game tiba-tiba DS4 kita terputus koneksinya karena kehabisan batre. 
Salah satu alternatifnya tentu kita bermain sambil ngecas menggunakan kabel pendek (1.5m) yang sudah disediakan oleh Sony, namun tentunya karena kondisi kabel yang pendek membuat kita merasa tidak nyaman karena harus terlalu dekat dengan layar TV. Alternatif lainnya tentunya kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli aksesoris tambahan Charging Docks dengan range harga 150 - 400rb.
Namun sebenarnya kita bisa menggunakan alternatif termurah yakni menggunakan charger dari handphone kita, namun sebelum itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum kita mengecas DS4 menggunakan charger handphone. Berikut ini akan saya jabarkan.


DualShock 4 membutuhkan daya 5v - 800mA (atau 0.8A)

Dari keterangan di atas bisa disimpulkan bahwa, DS4 membutuhkan daya 5v untuk bisa bekerja dengan normal dan melakukan cas pada baterai dari DS4. Sedang 500mA merupakan arus yang dibutuhkan.

Jadi misal saya memiliki 2 charger :
1. Charger Handphone Sony dengan Output DC 5v - 2.1A.
2. Charger PS Vita dengan Output DC 5v - 1.5A.


Apakah kedua charger di bisa di gunakan? jawabannya adalah tentu BISA, selama adaptor itu memiliki daya 5v dan nilai Amperenya SAMA atau LEBIH BESAR, maka charger tersebut bisa digunakan. Biasanya kalau Amperenya besar maka proses chargingnya akan memakan waktu lebih cepat.


Bagaimana jika saya memiliki Power bank dengan Output DC 5v - 2A, maka akan sama seperti di atas power bank tersebut tetap BISA kita gunakan untuk charging DS4 kita. Namun saya tidak merekomendasikan melakukan charging menggunakan powerbank sering-sering karena banyak beredarnya Power bank KW yang mana arus listrik yang mengalir dari baterai di dalam power bank ke baterai DS4 tidak stabil. Power bank yang benar-benar bagus dan bermerek biasanya mahal. 
Jika ada kasus saya memiliki charger handphone lama dengan daya Output 5v - 500mA (05.A), apakah bisa di gunakan, jawabnya tentu bisa juga, TAPI karena Amperenya kecil jadi proses charging akan memakan waktu lebih lama, dan misalkan kita bermain game sambil charging menggunakan output ini makan biasanya DS4 akan mati kehabisan batre, karena daya yang masuk lebih kecil dari pada daya yang keluar.
Yang sering jadi masalah adalah saat kita menggunakan charger handphone yang memiliki fitur Fast Charging, fitur ini biasanya memiliki 2 output tegangan, yang pertama adalah 5v (utk normal charging) dan 9v (untuk fast charging nya), saat kita menggunakan charger model ini biasanya DS4 akan terasa sangat panas dan akhirnya terbakar, setelah dingin dan biasanya tidak bisa digunakan lagi. Jadi saya sarankan untuk menghindari charger tipe ini.
Untuk awet tidaknya DS4 saat di cas menggunakan charger handphone, saya sudah searching namun memang banyak pro dan kontra,  ada yang tidak masalah selama bertahun-tahun dan ada yang mengalami kendala, namun kendala di sini saya baca-baca kemungkinan mereka menggunakan charger KW dan rata-rata merek Samsung yang secara tidak sadar ternyata memiliki fitur fast charging. Kalo menurut saya pribadi selama masih menggunakan charger yang memiliki kualitas bagus dan dayanya sesuai, harusnya DS4 kita tidak ada masalah. Yang jadi masalah karena diluar sana banyak beredar charger KW.

UPDATE* 14 Desember 2019
Saya baru saja membeli charger handphone di toko jepang  terkenal yang biasa menjual pernak-pernik aksesoris bernama Usupso, saat itu saya di tawari 2 model charger, yang Multi Output (95rb) dan Single Output (65rb), akhirnya saya putuskan untuk mencoba yang Multi Output (di kalim lebih cepat dalam nge-cas Handphone), nah charger dengan multi output ini sangat tidak di sarankan untuk charging DS4, karena di DS4 tidak ada chip pintar atau semacam otak yang bisa memisah atau memilih tegangan yang akan dia terima. Jika kita menggunakan charger jenis ini ada kemungkinan besar DS4 kita akan rusak, memang tidak langsung rusak tapi akan lebih cepat memicu kerusakan baik itu secara battery atau komponen board lainnya.  Oiya saat saya coba Charger Multi Output ini di handphone saya 6s Plus, saat dalam posisi nge-cas layar HP jadi tidak responsive, ini tandanya tegangan yang masuk tidak sesuai atau mempengaruhi sensitivitas layar, memang 6s Plus saya tidak langsung rusak, karena di handphone ada pembatas daya yang masuk, battery hanya menerima tegangan sesuai yang dia minta.


Sebagai tambahan informasi :
    • Daya 5v - 0.5A : Biasanya digunakan pada USB 2.0 pada laptop dan komputer. port USB berwarna hitam.
    • Daya 5v - 0.9A : Biasanya digunakan pada USB 3.0 pada PS4, laptop dan  komputer port USB berwarna biru.
    • Daya 5v - 1A : Biasanya digunakan pada charger Smartphone kita sekarang ini.
  • Daya 5v - 2A : Biasanya digunakan pada charger tablet, seperti iPad dan Samsung Note.
Battery pada DS4 memiliki daya 3.65V - 1000 mAh, dengan kondisi siklus pengisian :
  • Bertahan 1,200 – 1,500 kali charger dalam kondisi 50-100% battery
  • Bertahan 300 – 500 kali charger dari kondisi 0 ke 100% battery 
Jadi misal dalam 1 hari kita main dan baterai kita habis total lalu kita charge lagi hingga 100% maka umur dari DS4 kita cuma sekitar 1 tahunan lebih dikit aja, dari siklus diatas dapat diambil kesimpulan DS4 lebih sering kita charging makan umur baterai akan lebih awet. Dan tentunya semua barang elektronik memiliki umur yang akan habis jadi cepat atau lambat pasti akan rusak. Harga sparepart battery DS4 di tokopedia sekitar 100rb, ada juga battery yang memiliki daya 2000 mAh namun tentunya battery dengan daya segitu tidak standar.

*UPDATE 16 OKTOBER 2018
- Saya lakukan test charging DS4 dari 0-100% menggunakan charger 5v-2.1A membutuhkan waktu 2 jam 15 menit.


#SUMBER
https://www.ceritagames.com/2018/10/mengisi-daya-stik-ps4-ds4-menggunakan.html?fbclid=IwAR04R2o_1sjARD8QTG0SgxfrzaE05YBFrZO04BEGLldNRJgome4KPfhFf5w


last login 2 bulan yang lalu

last update 2 bulan yang lalu

Copyright LombokGame © 2015 jejualan.com. All rights reserved
Chat Whatsapp Chat Whatsapp