Indonesia English
Keranjang : 0 item(s)

XBOX360 : Game baru bermunculan. Lho? Koq tidak bisa dimainkan? Harus upgrade dulu? Setelah upgrade, kenapa malah game lama saya yang tidak jalan?

29 Sep 2017
Kompabilitas Disc XBOX 360

Singkatnya seperti ini:
o = ok
x = error


Xtreme
[o] KoPab
[x] Homemade

iXtreme < 1.6 / iXtreme LT / iXtreme LT+
[x/o] koPab ===> Saya tidak ada info pastinya
[o] homemade

iXtreme LT+ 1.90
[-] KoPab mulai hilang dari pasaran
[o] Homemade
[o] Homemade non AP 2.5

iXtreme LT+ 1.91
[o] homemade ===> game lama
[x] homemade non AP 2.5
[o] homemade AP 2.5

iXtreme LT+ 2.0
[o] homemade ===> game lama
[x] homemade non AP 2.5
[o] homemade AP 2.5 ===> XGD2
[o/x] XGD3 90% ===> Game baru mulai menolak XGD3 truncated
[x] XGD3 100%, topology patch, AP 2.6
[o/x] XGD3 100%, patch LT+ 2.0 ===> berhasil selama game tidak meminta dashboard 14719

iXtreme LT+ 3.0
[o] homemade ===> game lama
[x] homemade non AP 2.5
[o] homemade AP 2.5 ===> XGD2
[x] XGD3 90%
[o] XGD3 100%, topology patch, AP 2.6
[x] XGD3 100%, patch LT+ 2.0


>>> PERBEDAAN DISC DAN FIRMWARE TIDAK DAPAT DIDETEKSI SECARA FISIK. HARUS MELALUI PENGETESAN <<<


Jika ingin lebih mengerti, silahkan baca tulisan di bawah ini.

SEPOTONG RIWAYAT XBOX UNTUK MENGERTI KOMPABILITAS KASET GAME

XTreme / KoPab
[Firmware]
saat pertama xbox 360 keluar, drive xbox menggunakan firmware Xtreme.

[Disc]
Firmware ini dapat menjalankan semua kaset Kopian Pabrik (KoPab), tetapi tidak aman jika digunakan untuk bermain online karena langsung terkena BANNED.

[kompabilitas]
Semua disc dapat dijalankan.


iXtreme / KoPab, Homemade
[firmware]
iXtreme dibuat agar game bisa dimainkan online tanpa terkena BANNED.

[Disc]
Agar jalan di iXtreme, disc Kopab harus di-patch (diinjeksi stealth mode). Disc ini kemudian dinamakan Homemade.

[Kompabilitas]
Xtreme dapat menjalankan disc kopab dan homemade, sedangkan ixtreme hanya bisa menjalankan disc homemade. maka saat itu, beredar 2 jenis disc (kopab & homemade). Dari sini, penjualan disc mulai membingungkan karena ada yang jalan, ada yang tidak jalan. semua tergantung firmware di xboxnya. sedangkan perbedaannya tidak dapat dilihat dari fisik xbox.


iXtreme 1.0 - 1.6 / homemade
[firmware]
iXtreme mengalami perbaikan dan Xbox generasi pertama (xenon, Zephyr) mulai digantikan oleh generasi yang lebih tahan panas (Opus, Falcon, Jasper). firmware Xtreme tidak lagi digunakan.

iXtreme v1.0, v1.4, v1.5, v1.6 dikeluarkan untuk mengalahkan sistem keamanan XBox yang diperbaiki secara berkala.

Ketika Falcon beralih ke Jasper, Drive XBox kemudian pelan-pelan diganti semua menjadi Lite-On. Saat itu, sistem keamanan Lite-On belum dapat ditembus (tidak bisa di-flash). Akhirnya terjadilah insiden penukaran drive XBox. Banyak XBox Lite-On diganti drivenya menjadi Samsung, BenQ, atau Hitachi yang di-spoof (disamarkan) ke Lite-On.

[Disc]
Kopab sangat sulit ditemukan di pasaran. rata-rata sudah menggunakan homemade.

[kompabilitas]
Versi iXtreme yang tinggi tetap dapat menjalankan game-game lama yang sudah di-patch. Maka, tidak ada masalah bagi penjual game.


iXtreme v1.6, iXtreme LT, iXtreme LT+ 1.0 / homemade
[firmware]
Drive lite on akhirnya dapat ditembus sekitar iXtreme versi 1.5, Namun Lite-On kemudian menunjukkan taringnya bahwa sistem keamanannya lebih canggih dibandingkan drive lainnya. Saat game baru dengan sistem keamanan AP 2.0 bermunculan, pengguna Xbox lite-on mendapatkan masalah. Banyak kaset yang tidak dapat dijalankan. Maka keluarlah iXtreme LT untuk mengalahkan AP 2.0 ini.

firmware LT hanya digunakan oleh drive Lite-On saja. Sedangkan drive lainnya (BenQ, Hitachi, dan Samsung) tidak dapat melakukan pengecekan AP 2.0 (walaupun di-spoof ke Lite-On) sehingga tidak membutuhkan upgrade.

LT+ 1.0 adalah perbaikan dari versi sebelumnya.

[Disc]
Semua masih menggunakan patch yang sama (homemade).

[kompabilitas]
XBox yang menggunakan drive Lite-On HARUS upgrade ke LT untuk memainkan game baru. Sedangkan XboX yang menggunakan drive lain dapat memutar game baru dengan menggunakan CD Pancingan.


iXtreme LT+ 1.9 / homemade non-AP 2.5
[firmware]
XBox meningkatkan sistem keamanannya. Keluarlah AP 2.5 (Fable, Assassin's Creed Brotherhood, NFS: Hot Pursuit, CoD Black Ops, Modern Warfare 2, dan game2 Kinect).

Sistem keamanan ini tidak dapat dimengerti oleh tim pembuat firmware. Maka dibualah iXtreme LT+ 1.9 yang dapat menjalankan game AP 2.5 tetapi dengan catatan, AP 2.5 dihilangkan dari gamenya.

[Disc]
Patch game terbaru, kode AP 2.5 dihilangkan dari disc gamenya agar bisa jalan.

[Kompabilitas]
XBox Lite-on dengan firmware LT+ dan game yang sdh di-patch agar AP 2.5 hilang, akhirnya berjalan di beberapa xbox. Sebagian Xbox tetap tidak dapat menjalankannya.

Xbox yg tidak menggunakan Lite-On tidak terlalu masalah sebab drive tersebut tidak dapat melakukan pengecekan AP 2.5. namun ada juga yg tetap tidak bisa memainkannya.


iXtreme LT+ 1.91 / homemade AP 2.5
[firmware]
Kebingungan AP 2.5 segera diselesaikan di firmware LT+ 1.91. Akhirnya sistem keamanan AP 2.5 dapat dibaca. Versi ini tidak dipakai lama karena LT+ 2.0 sudah diumumkan akan dikeluarkan. Banyak yang memilih untuk menunggu LT+ 2.0 dibanding upgrade ke LT+ 1.91

[Disc]
kini disc homemade dipatch tanpa membuang AP 2.5 - sehingga lebih mendekati dengan disc aslinya.

[kompabilitas]
Disc yang kemarin di-patch untuk menghilangkan AP 2.5 malah tidak jalan di LT+ 2.0. Agar dapat jalan, game tersebut harus di-patch ulang untuk mengembalikan AP 2.5 yg pernah dihilangkan. Game Kinect juga sudah dapat dijalankan di versi ini.


iXtreme LT+ 2.0 / homemade XGD3 90%
[firmware]
XBox menggunakan sistem keamanan yang baru yaitu XGD3 (Gears of War 3). Jika pernah mendengar format hard disk FAT, FAT32, NTFS yang dipakai di komputer, maka sama halnya dengan XGD3 yang merupakan format disc yang dipakai di XBOX 360. Dengan format ini, DVD Dual Layer yang normalnya memiliki kapasitas 8GB dapat dimasukkan game dengan kapasitas yang melebihi 8GB. Contohnya: Gears of War 3 dengan ukuran 8,13GB.

Dengan kesan yang agak memaksakan, dibuatlah iXtreme LT+ 2.0. dengan firmware ini, game XGD3 dapat dibaca. Disc tetap di-patch seperti biasa.

[Disc]
XGD3 kembali membuat kebingungan. Kapasitas 8,13GB tidak dapat di-burn secara sempurna dengan cara normal. Maka, dipaksakanlah burn hingga disc full, kemudian sisanya dipotong. Hanya sekitar 94%-97% data yang masuk ke dalam disc. Kemudian beredarlah disc game XGD3 90% ini di toko2 game. XGD3 juga merupakan format yang belum dapat di-patch saat itu.

[kompabilitas]
LT+ 2.0 dibuat sedemikian rupa hingga dapat membaca disc XGD3 walaupun diburn tidak sempurna (terpotong di 90%). Sedangkan beberapa game XGD3 dengan ukuran lebih kecil dari 8GB dapat dijalankan seperti biasa tanpa masalah di LT+ 2.0.


BURN MAX / XGD3 100%
[firmware]
firmware baru telah dibuat untuk drive Lite-On, yaitu BURN MAX. Bukan untuk drive XBox, tapi untuk drive DVD-RW komputer. Dengan firmware ini, XGD3 akhirnya dapat diburn secara sempurna hingga 100%.

[disc]
XGD3 100%

[kompabilitas]
tidak mempengaruhi XBOX karena bukan untuk firmware XBox 360. Dikeluarkan untuk menyambut LT+ 3.0 yang sedang dikerjakan


AP 2.6
[disc]
Adanya LT+ 2.0 membuat pihak XBox mengupdate sistem keamanannya secara diam-diam. Siapapun yang koneksikan XBox-nya ke internet, XBox diam-diam memasukkan data AP 2.6 yang membuat game XGD3 menjadi tidak jalan.

AP 2.6 tidak banyak berbeda dengan AP 2.5 sehingga lebih sering disebut AP 2.5 karena pada dasarya sistemnya sama.


iXtreme LT+ 3.0 / XGD3 100% topology XGD3, AP 2.6
[firmware]
ketidak sempurnaan LT+ 2.0 hanya bertahan beberapa bulan saja. Dashboard baru XBox dikeluarkan, dan dengan beberapa minggu pengetesan, LT+ 3.0 akhirnya dikeluarkan. Firmware ini mampu membaca XGD3 100% dan dapat menembus AP 2.6.

[disc]
XGD3 sudah dapat diburn 100%, tetapi disc harus di-patch dulu. Topology XGD3 (struktur data) diperbaiki agar sesuai dengan LT+ 3.0.

[kompabilitas]
LT+ 3.0 dapat membaca disc XGD3 yg sudah di-patch, burn 100% dan menggunakan AP 2.6. Tetapi XGD3 90% tidak dapat dibaca. Game yang di-patch AP 2.5 bisa berjalan dengan baik.

>>> Kerumitan burn XGD3 100% ternyata masih menyisakan masalah. Ada laporan bahwa disc yg di-burn dengan kecepatan tinggi, tidak dapat terbaca. Ada juga laporan bahwa menggunakan disc kualitas rendah juga tidak dapat terbaca. Selain itu, ada yang melaporkan bahwa sudah diburn sempurna dengan kecepatan stabil & disc kualitas tinggi, juga tidak dapat terbaca. Untuk solusi masalah ini, beberapa orang menyetel ulang posisi optic drive-nya baru disc tersebut bisa jalan. <<<


iXtreme LT+ 2.01 SAMSUNG
[firmware]
seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa hanya drive Lite-On yang dapat melakukan pengecekan keamanan AP 2.5/2.6. Maka drive lainnya (Hitachi, BenQ, Samsung) tidak memerlukan upgrade ke LT+ 3.0. Disc XGD3 Dapat dibaca oleh drive lain di LT+ 2.0. Cukup melakukan upgrade dashboard saja.

Tetapi khusus drive Samsung, ada sedikit masalah. Maka digunakan LT+ 2.01 yang merupakan firmware khusus untuk drive Samsung saja.


XBOX SLIM
XBox Slim yg ada di pasaran menggunakan drive Lite-On dan Hitachi. Saat ini, drive XBox Slim yang tembus hanyalah drive Lite-On. Sedangkan Hitachi tidak dapat ditembus. Firmware yang digunakan di XBox Slim adalah LT+ 2.0 dan LT+ 3.0. Walaupun tipe drivenya berbeda, tetapi kompabilitasnya sama persis dengan XBox tebal.


RANGKUMAN

o = ok
x = error


Xtreme
[o] KoPab
[x] Homemade

iXtreme < 1.6 / iXtreme LT / iXtreme LT+
[x/o] koPab ===> Saya tidak ada info pastinya
[o] homemade

iXtreme LT+ 1.90
[-] KoPab mulai hilang dari pasaran
[o] Homemade
[o] Homemade non AP 2.5

iXtreme LT+ 1.91
[o] homemade ===> game lama
[x] homemade non AP 2.5
[o] homemade AP 2.5

iXtreme LT+ 2.0
[o] homemade ===> game lama
[x] homemade non AP 2.5
[o] homemade AP 2.5 ===> XGD2
[o/x] XGD3 90% ===> Game baru mulai menolak XGD3 truncated
[x] XGD3 100%, topology patch, AP 2.6
[o/x] XGD3 100%, patch LT+ 2.0 ===> berhasil selama game tidak meminta dashboard 14719

iXtreme LT+ 3.0
[o] homemade ===> game lama
[x] homemade non AP 2.5
[o] homemade AP 2.5 ===> XGD2
[x] XGD3 90%
[o] XGD3 100%, topology patch, AP 2.6
[x] XGD3 100%, patch LT+ 2.0


>>> PERBEDAAN DISC DAN FIRMWARE TIDAK DAPAT DIDETEKSI SECARA FISIK. HARUS MELALUI PENGETESAN <<<

SUMBER : GAME MAKASSAR.com


last login 1 bulan yang lalu

last update 1 bulan yang lalu

Copyright LombokGame © 2015 jejualan.com. All rights reserved
Chat Whatsapp Chat Whatsapp